Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Daftar Isi: [Lihat]
villa sebatu
Liburan akhir tahun ini merupakan liburan pertama sejak "berakhirnya" pandemi Covid19. Yap, apalagi sebelumnya pemerintah telah mencabut PPKM di seluruh Indonesia sehingga perayaan akhir tahun menjadi lebih bebas dan meriah.

Saya bersama keluarga menghabiskan malam akhir tahun 2022 di Villa Uma Sebatu, Gianyar. Sebuah villa yang terletak di persawahan Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Mengapa di sana? Ya karena tarifnya lumayan murah untuk private villa dengan dua bed room dan private pool.

Villanya sendiri sangat bagus, bersih, pelayanan ramah dan harga makanan relatif terjangkau. Letaknya di tengah persawahan membuat suasana kehidupan pedesaan begitu terasa. Di pagi dan siang hari kita bisa melihat para petani mengerjakan sawah dan di malam hari bisa mendengar suara kodok. 

Khusus di malam tahun baru, villa ini lumayan bagus buat menghindari bisingnya suara kembang api. Suasana healing di malam tahun baru menjadi begitu terasa.

Setelah menghabiskan malam tahun baru di villa, keesokan siangnya atau tepat tanggal 1 Januari 2023, saya sekeluarga melaksanakan ritual melukat di pelukatan Desa Sebatu. Suasana magis begitu terasa di tempat ini dari sejak kita menapak anak tangga menurun. 

Pelukatan Desa Sebatu dipercaya dapat digunakan sebagai sarana membersihkan diri baik secara niskala maupun sekala. Melukat disana juga dipercaya dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan meminta keturunan.

Liburan akhir tahun diakhiri dengan makan bersama di rumah makan Pesinggahan, Kabupaten Klungkung Bali. 

Akhir tahun yang sangat berkesan dan semoga bisa menjadi awal yang baik menyongsong tahun 2023.