Kembali Ke Masa "Burn In"

Daftar Isi: [Lihat]
Asus OLED
Bicara burn in tentu kita diajak kembali bernostalgia di masa lalu saat monitor komputer masih didominasi oleh tabung CRT. Yap, burn in istilah 'bayangan tetap' yang nyantol di layar meskipun saat itu monitor menampilkan gambar yang berbeda.

Burn in ini tentu akan sangat menganggu tampilan layar monitor sehingga penggunanya menjadi kurang puas. Burn in terjadi saat layar menampilkan image yang sama atau statis dalam waktu yang ekstrim lama.

Nah, saat itu untuk mencegah terjadinya burn in, Windows melengkapi dirinya dengan screen saver. Dengan screen saver, tampilan layar monitor berubah ubah sedemikian rupa sehingga tidak menampilkan satu image dalam waktu yang lama.

Masalah burn in ini kemudian menghilang setelah munculnya monitor LED/LCD dengan IPS-nya. Praktis pada masa IPS, screen saver menjadi tidak berguna sehingga kerap tidak diaktifkan.

Kini, burn in muncul lagi seiring dengan ditemukannya layar OLED. Yap, karakter layar OLED yang menampilkan image per pixel membuat dia rentan mengalami burn in bila dipaksa menampilkan image statis dalam jangka waktu yang lama.

Dan screen saver pun kembali dibutuhkan oleh laptop modern dengan layar OLED untuk mencegah terjadinya burn in. ASUS sendiri sebagai salah satu pelopor laptop layar OLED mengeluarkan fitur OLED Care pada menu MyAsus.

Poin poin dari OLED Care antara lain melakukan pengelolaan pixel dengan baik, mengatur screen saver dan lain lain. Jadi, bila saat ini kamu menggunakan layar OLED, nikmati saja keindahan layarnya sambil mengaktifkan fitur yang ada di OLED Care agar layar OLED-mu berumur panjang.