Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini Fakta Pentingnya Asuransi

Daftar Isi: [Lihat]
Jenis Asuransi

Asuransi sering kali dipandang sebagai kebutuhan terakhir bagi sebagian besar masyarakat, di bandingkan kebutuhan pokok. Padahal, asuransi menjadi perlindungan ekstra di saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kita tidak pernah tahu musibah bisa terjadi di mana saja dan kapanpun. Bahkan dalam kondisi ketika ingin bergembira, musibah atau tragedi bisa menimpa, seperti insiden Itaewon yang baru saja terjadi di Korea Selatan.

Karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, memiliki asuransi akan memberi perlindungan ketika kita mengalami risiko di kemudian hari. Perlindungan yang didapat tentu tergantung dari jenis asuransi yang dipilih, misalnya memilih asuransi kesehatan, maka Anda akan mendapat perlindungan pada penanganan kesehatan.

Berikut jenis-jenis asuransi terbaik yang penting untuk dimiliki.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan manfaat atau jaminan berupa pergantian biaya pengobatan dan atau perawatan selama berada di rumah sakit. Pada intinya, asuransi ini akan mengganti sebagian atau seluruh biaya yang sudah Anda keluarkan untuk berobat di rumah sakit.

Biasanya perusahaan asuransi akan bekerjasama dengan berbagai rumah sakit supaya proses klaim asuransi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Adapun beberapa manfaat pertanggungan pada asuransi kesehatan antara lain yaitu :
  • Menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit.
  • Menanggung biaya pembedahan dan persalinan.
  • Menanggung biaya perawatan gigi dan periksa mata.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya sesuai apa yang tertera di dalam polis asuransi kesehatan masing-masing perusahaan.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan santunan tunai jika tertanggung meninggal dunia akibat sakit, kecelakaan, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.

Dengan memiliki asuransi jiwa, risiko pengeluaran mendadak yang besar dialihkan menjadi pengeluaran premi rutin, sehingga kas keuangan lebih terkontrol. Asuransi jiwa juga dapat melindungi kelangsungan hidup keluarga.

Jika hal yang buruk terjadi padamu yang notabenenya adalah kepala keluarga, maka kelangsungan hidup keluarga yang akan terancam.

Karena itu, memiliki asuransi jiwa tak hanya penting bagi diri sendiri, tetapi bermanfaat bagi anggota keluarga, mulai dari memberi rasa aman hingga melindungi ahli waris dari beban finansial.

Asuransi Mobil

Bagi beberapa orang, memiliki mobil menjadi sebuah kebutuhan dan untuk melindunginya bisa menggunakan produk asuransi mobil.

Produk asuransi mobil merupakan produk perlindungan yang memberi ganti rugi finansial saat memperbaiki kerusakan diakibatkan oleh kecelakaan, bencana alam seperti terendam banjir, maupun kehilangan karena dicuri orang. Jenis asuransi yang dipilih akan memengaruhi bentuk kerusakan yang dilindungi.

Beberapa asuransi khusus mobil memberikan semua perlindungan tersebut dengan sejumlah catatan khusus yang tercantum di dalam polis. Beberapa lagi memang menawarkan perlindungan lebih spesifik, seperti asuransi Total Loss Only (TLO) yang oleh penyedianya hanya melindungi mobil dari risiko kehilangan akibat dicuri orang.

Sementara asuransi mobil All Risk atau comprehensive memberikan perlindungan secara menyeluruh. Yakni mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam (seperti terendam banjir), dan risiko kehilangan.

Jenis ini memberi perlindungan total dan sebanding dengan nilai preminya yang lebih mahal dibandingkan jenis TLO.

Itulah beberapa jenis asuransi yang penting dimiliki untuk memberi perlindungan ketika kita mengalami risiko di kemudian hari.