Kejutan Twitter, Mengingat Kembali Plurk

Daftar Isi: [Lihat]

Siang ini saya mendapatkan berita mengejutkan dari Twitter. Salah satu media raksasa asal Amerika Serikat ini sedang mengalami krisis internal. Yap, permasalahan antara pemilik baru Twitter, Elon Musk dan karyawannya semakin meruncing. 

Setiap hari ada saja karyawan yang dipecat. Tidak tanggung tanggung, yang dipecat bahkan seorang karyawan senior yang telah bekerja tahunan di Twitter. 

Puncaknya hari ini, Elon Musk mengunci kantor pusat Twitter sampai dengan Senin guna mencegah karyawan masuk ke kantor. Hal ini karena Elon Musk curiga ada karyawan yang akan melakukan sabotase.

Twitter

Penutupan kantor ini tentu saja membawa konsekuensi yang tidak ringan. Salah satunya adalah karyawan yang bertugas mengamankan jaringan dan penutupan bug Twitter tidak bisa masuk sehingga berisiko menyebabkan Twitter berhenti beroperasi. 

Beberapa netizen Twitter malah meramalkan Twitter akan kolaps beberapa jam lagi. Di beberapa lokasi, telah terjadi peningkatan laporan gangguan Twitter atau outage.

Nah, berkaca dari masalah yang dihadapi Twitter, saya jadi mengingatkan kembali media sosial alternatif yang dulu muncul barengan sama Twitter. Yap, media sosial itu adalah Plurk.

Plurk adalah media sosial mirip Twitter, yang mana penggunanya bisa menulis pesan secara berurutan seiring dengan garis waktu. Bedanya, bila garis waktu pada Twitter berjalan vertikal, pada Plurk, garis waktu berjalan kesamping (versi web).

Plurk memiliki Karma yang dikumpulkan berdasarkan keaktifan kita di Plurk. Yap, mirip mirip reputasi kalau kita mainan forum. Plurk juga ada istilah badge setelah kita mengumpulkan beberapa goal. Lumayan menghibur.

Pada kesempatan ini, saya membuat akun Plurk baru guna mengamankan username blogdokter. Halaman Plurk saya www.plurk.com/blogdokter (silakan difollow). Sedangkan Plurk lama www.plurk.com/imcw sementara dihibernasi saja.
Plurk

Plurk