Cara Instalasi Chrome OS di Laptop Jadul

Daftar Isi: [Lihat]
chrome os flex

Memiliki laptop jadul di jaman Windows 11 memang menyedihkan. Kalaupun dipaksa mengikuti perkembangan jaman, paling mentok hanya bisa sampai Windows 10. Itupun jalannya kayak keong.

Kondisi ini terjadi pada laptop jadul saya, Asus E202SA. Laptop spek pas pasan ber-CPU Celeron yang berjalan ngos ngosan saat dipaksa menggunakan Windows 10. Bahkan ketika Windows 10 saya 'babat' habis fitur fitur yang tidak penting, tetap saja berjalan lelet di laptop ini.

Gak kehilangan akal, saya mencoba mencari sistem operasi alternatif guna menggantikan Windows 10. Dan, pilihan akhirnya jatuh ke Chrome OS, sistem operasi bersutan Google. 

Chrome OS sebenarnya dibuat untuk mendukung Chromebook, laptop yang dibuat khusus untuk menjalankan Chrome OS, cuma kini Google 'membuka' peluang bagi pemilik laptop selain Chromebook untuk menikmati Chrome OS.

Apa yang dibutuhkan Chrome OS?

Tentu saja yang dibutuhkan adalah laptop. Kalau bisa sih sudah terpasang SSD dengan minimal RAM 2GB. Satu lagi yang dibutuhkan adalah flashdisk dengan space minimal 8 GB (format dulu karena flashdisknya kudu kosong sebelum diisi image Chrome OS).

Proses Intalasi Chrome OS

1. Akses Chrome Web Store dan unduh instal ekstensi Chromebook Utility Extension. Lalu jalankan pada perangkat Utilitas Pemulihan Chromebook.
2. Pasang flash disk ke perangkat. Pastikan tidak ada data penting di dalamnya. Lalu tekan Start pada instalasi.
3. Klik Select a model from a list, lalu pilih Google Chrome OS Flex di tab Manufacturer dan pilih Chrome OS Flex (Developer-Unstable) di tab Product. Pilih lanjutkan.
4. Pilih flash disk USB, lalu klik Continue – Create Now.

Catatan, jangan menggunakan Microsoft Edge menjalankan proses ini meskipun extensionnya bisa dipasang. Gunakan Chrome.

Setelah keempat langkah diatas dilakukan, pasang flash disk di laptop lalu restart laptop pilih boot ke flashdisk. Setelah proses instalasi selesai ditandai dengan matinya laptop, cabut flashdisk dan laptop akan booting ke Chrome OS.

Selamat mencoba.