Tips Memilih Asuransi Mobil

Tabel of Content [View]
Pemilik kendaraan roda empat tentu sadar pentingnya memiliki asuransi mobil yang akan memberikan ketenangan saat berkendara.

Asuransi mobil akan melindungi mobil dari berbagai penyebab kerusakan. Mulai dari kerusakan dari kecelakaan, kerusakan karena bencana alam hingga kerusakan karena tindak kejahatan.

Pentingnya memiliki asuransi mobil membuat pemilik kendaraan butuh informasi mengenai asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih. Pasalnya, ada banyak pilihan asuransi kendaraan yang tersedia.

Untuk bisa memilih produk asuransi mobil paling bagus, berikut ini adalah empat faktor utama yang harus dipikirkan saat memilih asuransi mobil:

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai

Langkah pertama adalah, kamu harus tahu lebih dulu mana asuransi yang lebih sesuai untuk mobilmu, All Risk atau komprehensif dan Total Loss Only (TLO).

Usia kendaraan juga memengaruhi ketersediaan pilihan polis asuransi. Secara umum, asuransi All Risk batasnya adalah usia mobil 10 tahun, sementara jenis TLO bisa hingga 15 tahun.

Namun, aturan ini dapat berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi. Ada yang menawarkan asuransi All Risk dengan usia kendaraan maksimal 8 tahun dan TLO dengan usia maksimal 12 tahun.

Kedua asuransi ini sebenarnya bisa digabungkan untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal. Ini disebut dengan asuransi mobil kombinasi.

2. Pilih Perusahaan Asuransi dengan Kredibilitas Terpercaya

Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang kredibilitasnya baik. Salah satunya, bisa dari kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Ini bisa dilihat dari RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi yang minimal nilainya adalah 120% untuk dianggap sehat.

Kamu juga bisa melihat dari review perusahaan tersebut karena penilaian dari pelanggan memang jadi salah satu indikator termudah untuk menilai suatu produk.

3. Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Harga premi yang beragam juga disesuaikan dengan manfaat yang kamu dapatkan. Jangan pilih asal murah, tapi pastikan dulu apakah manfaatnya sudah memenuhi kebutuhanmu.

Kamu juga bisa menambahkan rider atau manfaat pada setiap polis asuransi jika kamu memang membutuhkannya.

4. Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Jika saat memilih asuransi kesehatan kamu harus mencari yang rumah sakit rekanannya banyak, ketika memilih asuransi mobil tentu harus pilih yang bengkel rekanannya luas. Semakin banyak bengkel rekanan maka proses klaim akan semakin mudah. Lebih cepat juga mobilmu dapat ditangani.

Pilihan Asuransi Mobil Terbaik

Berikut ini 5 rekomendasi asuransi mobil terbaik yang ada di Indonesia untuk bisa dibandingkan:

1. Garda Oto

Asuransi mobil ini tentu sangat familiar, Garda Oto menawarkan klaim asuransi melalui 4 channels.

Keempatnya yaitu Garda Mobile Otocare melalui aplikasi, Garda Akses 24 jam melalui telepon, klaim online melalui website, serta Unit Layanan Strategis yang ada di berbagai pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Layanan asuransi Garda Oto memiliki tambahan fitur berupa tanggung jawab pihak ketiga, serta perluasan huru-hara serta bencana alam.

2. Sinar Mas

Asuransi mobil terbaik selanjutnya adalah Sinar Mas. Asuransi mobil Sinarmas memiliki produk unggulan bernama Simasnet.

Lewat Simasnet, Anda bisa melakukan klaim langsung ke bengkel authorized jika terjadi kerusakan pada mobil.

Sinar Mas memberikan jaminan perlindungan untuk produk asuransi gabungan (comprehensive) sampai dengan usia mobil 10 tahun, sedangkan pada TLO diberikan jaminan sampai dengan usia mobil 20 tahun.

3. Tugu Pratama

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk menawarkan perlindungan berupa produk asuransi mobil All Risk.

Preminya pun terjangkau hanya sekitar Rp33 ribu per bulan dengan sekitar 307 bengkel rekanan.

4. Adira Autocillin

Asuransi Adira memberikan jaminan terhadap mobil berupa comprehensive atau jaminan total loss only dengan biaya premi asuransi mobil yang berbeda sesuai jenis jaminan yang dipilih.

Fitur-fiturnya berupa Emergency Roadside Assistance yang siap siaga dalam 24 jam dan Autocillin Mobile Claim Application yang mempermudah proses klaim asuransi.

Selain itu juga ada Autocillin Mobile Service yang memberikan layanan servis mobil bergaransi pada nasabah dengan proses yang mudah.

5. Jasaraharja Putera

Jasaraharja Putera adalah asuransi mobil yang menghadirkan produk layanan JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor).

Program ini memberi jaminan risiko-risiko kerusakan dan atau kehilangan dari kendaraan itu sendiri.

Selain itu juga tersedia dua ruang lingkup pertanggungjawaban atau perlindungan yang diberikan JP-ASTOR, yaitu TLO dan all risk.

Kemudian premi keduanya pun dikenal sangat murah, dan yang jaringan Jasaraharja Putera ini cakupannya luas, tersebar di luar Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar